WELCOME TO THE WORLD WHERE IMAGINATIONS COME TRUE

THIS IS WHAT YOUR WORLD.. YOUR IMAGINATIONS... YOUR IDEAS.... YOUR DREAMS..

Thursday, August 13, 2009

Integritas, Sebuah masalah besar yang sedang dihadapi bangsa

Hal yang paling mendasar yang harus dipunyai jangankan sebuah bangsa agar bangsa tersebut maju.. hal ini juga adalah dasar.. adalah standar dari seorang individu yang berkualitas.. Hal itu adalah integritas.
Banyak macam integritas dan definisi dari integritas...
Tapi ada beberapa hal pokok yang WAJIB dipahami dan dimengerti untuk sebuah bangsa dengan individu-individu yang berkualitas.. Hal2 tersebut adalah:
1. Bertindak jujur
Berinteraksi dengan orang lain jujur, terus terang, menyajikan informasi dan data secara tepat dan lengkap.

2. Menepati Janji
Sesuai janji dan commitments dan tidak membocorkan rahasia.

3. Konsisten
Menjamin bahwa kata dan tindakannya konsisten

4. Mengakui kesalahan dan mengungkapkan gagasan/perasaan meskipun tidak diminta

5. Kesungguhan
Bersikap profesional walaupun harus berkorban

Hal2 tersebut adalah prinsip mendasar yang harus dimiliki dalam hati setiap orang Indonesia.
Agar bangsa ini maju dan bergerak ke depan jauh lebih cepat dari bangsa2 lain.

Sebagai pelajar yang tentu nantinya akan menentukan ke arah mana bangsa ini akan menuju.. Tunjukkan integritas kita.. Baik dalam hal akademik maupun non akademik. Yang paling penting adalah refleksikan diri kita ke dalam cermin integritas, apakah kita sudah punya hal dasar ini. Mengakui kesalahan kita di masa lalu bukanlah hal yang utama.. yang perlu kita lakukan hanya merenungkannya sejenak.. dan memastikan diri kita tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang..
Selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah integritas. Mungkin tidak ada yang tahu seberapa besar integritas anda.. karena memang tidak ada rapor untuk itu.. Tapi rapot itu adalah diri kita sendiri.. diri kita adalah rapor berjalan yang merefleksikan semua hal yang ada pada diri kita.. dan rapor ini akan terlihat saat kita.. para pelajar.. memimpin bangsa ini.. rapor integritas pulalah yang akan mencerminkan wajah bangsa kita sesungguhnya..

No comments:

Post a Comment

If you want to comment, please give comment toward positive things, discussions are open, express yourself, no Racist, appreciate everyone the same way as you appreciate yourself