WELCOME TO THE WORLD WHERE IMAGINATIONS COME TRUE

THIS IS WHAT YOUR WORLD.. YOUR IMAGINATIONS... YOUR IDEAS.... YOUR DREAMS..

Wednesday, August 17, 2011

Yeahhh, make every success counts! It will boost your confidence, even the slightest one!!! Celebrate!

BSEP,, Post 2 contribute, 2 inspire, & 2b inSpired

Lately, terutama setalah masuk Institut Terkenal Banget, Is The Best, Institut Terbaik Bangsa, apa lagi ya, Institut Teknologi Bandung? hehehe.. ya dan menjadi putri terbaik bangsa angkatan 2008, masuk fakultas teknologi industri(FTI) dengan passing grade kedua tertinggi setelah Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika(STEI), rasa kepercayaan diri itu mulai terkikis sejak tahun pertama sekolah di Institut Terkenal Banget.
Tahun pertama, akibat mulai hilangnya rasa kepercayaan diri itu untuk dapat nilai A di mata pelajaran sains, seperti kalkulus, fisika dan kimia, benarlah nilai2 fisika, kimia, dan kalkulus bervariasi, ada yang A, AB, dan B. Padahal mungkin kalo aku g ada di tengah2 putra-putri terbaik bangsa,aku bisa lebih rileks belajar dan dapet nilai lbih bagus. LHaaaaa?? kok sekarang menyalahkan ITB, kan ini pilihanmu sendiri. Jadi mau g mw rasa ketidak percayaan diri ini mesti diovercome. Well, mengovercome hal itu bukannya makin gampang seiring berjalannya waktu, malah justru makin susah ketika tahun kedua aku masuk Teknik Kimia ITB, jurusan dengan GPA tertinggi untuk bisa masuk ke situ, bisa dibilang jurusan dengan passing grade tertinggi se ITB. Ini yang bisa bikin IPku cukup tinggi buat masuk tekim, ini mata kuliah di luar mata kuliah sains tadi, jadi walaupun aku masuk jurusan dengan passing grade tertinggi, i'm stii in doubt about my ability in engineering, technology, and sains.

It has been 3 years, aku kuliah di Institut Terbaik Bangsa. Perasaan g pe de ini masi belum hilang juga. Malah tambah parah untuk beberapa hal, aku dulu waktu kecil begitu percaya diri deh, sampai g ketulungan pe denya, g tau jawabannya pun angkat tangan kalo guru nanya. Hahaha, waktu sma jadi pemberontak paling top di sekolah, kukritik abis lah sistem pendidikan dan kualitas guru2 di sma. Sangat berkebalikan, aku sendiri juga heran kenapa dulu aku bisa segitu pe de dan sekarang segitu ga pede. Hmmm,, yang jelas there is no other way, aku harus mengembalikan kepercayaan diri itu, bukan sekedar mengembalikan, tapi juga meningkatkan kualitasnya. Kalo ke pe deanku dulu itu lebih banyak dimotori faktor sombong, maka sekarang aku harus memulainya dengan jalan yang benar. Kaya zuko di avatar the legend of aang, yg tiba2 apinya jadi lemah abis dia bergabung sama avatar. Tapi akhirnya, zuko menemukan bagaimana menciptakan api dengan cara yang benar seperti para naga. Yah kurang lebih sekarang posisiku sama kaya zuko abis bergabung sama avatar.
Well, aku belum menunjukkan kemampuanku yang sebenarnya di teknik kimia. Aku memilih untuk belajar asal untuk menenangkan diriku sendiri, dan membuat alasan untuk dapat nilai jelek. Well, itu semua salah. Itu semua kulakukan karena aku terlalu takut apabila aku berusaha maksimal aku akan kecewa apabila hasilnya jauh dari perkiraan. Aku terlalu takut untuk kecewa, terlalu takut untuk menghadapi kenyataan kegagalan. Takut gagal. KLASIK. Dulu, aku selalu tertawa kalo dengar orang takut gagal, selalu heran, selalu menganggap orang itu bodoh, karena belum dicoba aja udah takut gagal. Well, it happens to me now. ha ha ha.But, 3 tahun bukan berarti g ada perkembangan. Ada hal yang baru aku pahami sekarang, setelah aku cukup dewasa untuk memahaminya. Hal pertama adalah ACCEPTANCE. Menerima diri sendiri, baik kelebihan dan kekurangan yang diberikan Tuhan, bakat dan kekurangan kita. Karena dari kecil aku terbiasa hidup di jalur sutra, jalur pujian, aku tidak terbiasa untuk kalah, tidak terbiasa untuk tidak menjadi yang nomer 1. Itulah yang sekarang sedang kulakukan, aku harus siap menerima fakta, menerima konsekuensi, menerima apapun akibat dari suatu hal yang kuusahakan. Bukan hanya siap menang, tapi juga siap kalah dan mengakui bahwa orang lain lebih baik. Dengan begitu, separuh lebih beban untuk belajar di teknik kimia berkurang. SIAP MENGHADAPI KENYATAAN, APAPUN ITU, DARI HASIL USAHA MAKSIMAL KITA, INILAH SUMBER KEPERCAYAAN DIRI.
Ga ada poin kedua, hehehe, cuma satu poin aja ternyata. So, berusahalah, berusahalaaaaahhhhhh... dan bersiaplah akan akibat dari usaha itu,,, apabila berhasil bersyukurlah kemudian rayakanlah, celebrate it, even only w/ a congratulation say. Ini rayakan jadi kaya sombong bermegah2an,, sama sekali bukan itu maksudya, cuma g tau kosa kata apa lagi di bahasa indonesia. Ini sebagai bentuk apresiasi untuk diri sendiri dan memompa semangat untuk lebih baik lagi ke depannya. Begitu lo maksudnya, so dont get it wrong. hehehe
Yuhuuu.. cukup sekian....

No comments:

Post a Comment

If you want to comment, please give comment toward positive things, discussions are open, express yourself, no Racist, appreciate everyone the same way as you appreciate yourself